..::
you're reading...
..:Newsmedia

Kembalikan File ku

Bermula dari sebuah sedikit kecerobohan yang menjadikan setumpuk masalah yang membuatku jadai tak berdaya. Kehilangan satu folder berakibat pula pada kehilangan banyak harapan sehingga aku mencari ke berbagai pelosok dunia maya tentang pengembalian data-data yang tersimpan dalam satu folder itu. Akupun menemukan berbagai cara yang patutu turut aku persembahkan untuk rekan-rekan yang memiliki masalah yang sama.

Saat Flashdisk terkena virus, setelah di scan dengan menggunakan antivirus baik dengan antivirus lokal maupun antivirus Luar, Kadang kita menemukan Flashdisk kita kosong ketika dilihat menggunakan Windows Explorer, namun ketika dilihat pada Propertiesnya, ternyata kapasitasnya Full terpakai. Nah..kalo kamu bertemu kondisi seperti ini, bersyukurlah data kamu masih ada tetapi dalam kondisi hidden (tersembunyi). Kasus seperti ini biasanya terjadi karena virus menyembunyikan file dan folder tersebut, sehingga dibutuhkan trik khusus untuk memunculkannya kembali. Adapun cara untuk mengembalikan file atau folder yang disembunyikan (di-hidden) oleh virus adalah :

1. Buka dulu Windows Explorer dan aktifkan pilihan “show hidden files and folders” dengan cara masuk ke menu TOOLS — FOLDER OPTIONS — VIEW, kemudian pilih “show hidden files and folders“.

2. Tools yang akan kita gunakan untuk mengembalikan file atau folder yang hilang adalah perintah “attrib“, perintah ini nantinya kita gunakan pada mode Command Prompt.

3. Selanjutnya kita masuk ke Command Prompt, caranya Klik START — RUN, kemudian ketik “cmd” pada box lalu Klik OK.

4. Nah pada layar hitam inilah nantinya kita akan mengetikkan perintah “attrib” ini.

5. OK, skrg kita coba periksa isi dari file atau folder yang dihidden oleh virus pada flashdisk kita, kita asumsikan disini Drive F adalah Flashdisk. Ketikkan perintah berikut “F:” kemudian tekan ENTER, perintah ini berguna untuk pindah prompt ke drive F.

6. Untuk melihat file atau folder apa saja yang dihidden pada drive F (flashdisk), gunakan perintah “dir /ah

Maka kita akan bisa melihat file atau folder apa saja yang disembunyikan oleh virus di flashdisk kita. Disini ada 2 folder dan 1 file yang dalam kondisi hidden, yaitu folder “DATA-PENTING“,”DATA-TA” dan “tugas-akhir.doc“.

7. Sekarang kita akan gunakan perintah “attrib” untuk memunculkan kembali file dan folder yang hidden tadi. Disini dicontohkan untuk memunculkan kembali folder “DATA-TA” dan file “tugas-akhir.doc”. Perintah “attrib” yang perlu diketikkan disini adalah :

F:\> attrib.exe -R -H -S /s /d DATA-TA

Perintah diatas akan memunculkan kembali folder “DATA-TA”, untuk memunculkan file “tugas-akhir.doc” kita gunakan perintah dibawah :

F:\> attrib.exe -R -H -S tugas-akhir.doc

8. Untuk memastikan folder dan file telah muncul kembali, silahkan kamu lihat menggunakan Windows Explorer.

9. Selamat… data kamu sudah muncul lagi..

Catt :
– Untuk memunculkan Folder gunakan perintah : “attrib.exe -R -H -S /s /d nama-folder
– Untuk memunculkan Folder gunakan perintah : “attrib.exe -R -H -S nama-file-lengkap

Tambahan :

untuk cek terlebih dahulu keberadaan file dengan perintah :
dir

Perintah dir berfungsi untuk melihat isi direktori atau drive tertentu. Untuk mengembalikan file yang di super hidden, gunakan perintah ini :
attrib -s -h *.*

Perintah attrib berarti atribut. Sedangkan parameter -s yang diawalai tanada minus(-) yang berarti mengurangi atau menghilangkan sebuah attribut, kebalikanya adalah +s yang berarti menambah sebuah atribut dalam file.

Huruf s pada parameter perintah berarti atribut untuk sistem file. Sedangkan huruf h, berarti ‘hide’, -h berarti menghilangkan atribut ‘hide’.

Parameter *.* berarti perintah yang telah diketik ditujukan untuk semua file/direktori dengan berbagai extension. Jika hanya sebuah file saja yang ingin dihilangkan super hidden-nya, misal file tersebut bernaman dokumen.doc, untuk menghilangkan super hiden pada file dokumen.doc, gunakan perintah :
attrib -s -h dokumen.doc

Setelah itu, cek keberadaan file dengan perintah dir, terlihat kan sekarang filenya? Kalo mau bikin file super hidden gimana?? Gunakan perintah ini :
attrib +s +h *.*

Perintah diatas ditujukan untuk semua file, jika hanya satu file atau satu direktori dapat menggunakan perintah attrib +s +h nama file/direktori. Contoh :
attrib +s +h dokumen.doc

Perintah diatas berarti file yang bernama dokumen.doc telah beratribut super hidden dan tidak tampak di windows explorer meski option show hidden file telah diaktifkan.

sumber: ezraroellstoa.wordpress.com | adaptasi: dboedmaster

Advertisements

About dBoedmaster

Assalaamu'alaikum. Lakukan hal yang kecil untuk sesuatu yang BESAR. Lalu bersabar & berdo'alah dalam prosesnya. Maka raih & bersyukurlah karena impian Anda sudah di depan mata. "Awali dengan Niat, Lakukan yang Terbaik" ©db`2011 www.dboedmaster.co.nr

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

free counters

HTML hit counter - Quick-counter.net


Thank`s Visitor !

follow me

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Instagram: @boedheanto

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

%d bloggers like this: