..::
you're reading...
..:Newsmedia

RSU Adam Malik Rawat Pasien Penyakit Aneh

Rumah Sakit Umum (RSU) Adam Malik Medan, Sumatera Utara, merawat dua kakak beradik, Ali Jum`at (19) dan Maya Sarah (15), yang menderita penyakit kulit aneh.

Dirut RSUP H Adam Malik, dr Lukmanul Hakim, di Medan Kamis mengatakan, penyakit yang dialami dua bersaudara itu merupakan penyakit kulit Dystrophic Epidermolysis Bullosa yang disebabkan oleh faktor keturunan atau genetika.

Warga Desa Sukaramai Dusun IV Kecamatan Air Putih Indrapura Kabupaten Batubara, Sumatera Utara (Sumut) itu menderita penyakit kulit Dystrophic Epidermolysis Bullosa sejak bayi.

“Biasanya, penyakit seperti itu penyebabnya keturunan atau genetik. Itu terbukti dari enam bersaudara, tiga anaknya mengalami penyakit yang sama,” katanya saat melihat kondisi kedua korban.

Pihaknya tidak bisa memastikan apakah kedua bersaudara tersebut dapat sembuh total. Sebab, penanganannya terlambat hingga belasan tahun baru dibawa ke Rumah Sakit, meski penyakit itu sama sekali tidak menular ke orang lain.

“Bayangkan saja, mereka tidak dibawa ke RS hingga umurnya 19 tahun. Meski tidak bisa sembuh total, tapi mereka bisa dirawat. Ini bukan kasus langka atau aneh, ini sudah biasa. Tapi, karena terlambat ditangani makanya seperti aneh,” katanya.

Menurut dia, bila kedua kakak beradik tersebut ditangani sejak dini maka pertumbuhan tulangnya akan bagus, begitu juga dengan ototnya dan bisa ditangani dengan sistem maintanance.

“Luka itu kalau tergesek sedikit akan menggelembung kemudian akan terkelupas. Gelembungnya itu berisi cairan, sehingga cenderung kurang protein. Kalau kurang protein berarti pertumbuhannya kurang,” katanya.

Saat ditanyai masalah penanganan medis terhadap kedua kakak beradik tersebut, dokter spesialis kulit ini mengatakan, keduanya membutuhkan perbaikan fisik melalui perbakaikan kadar umum seperti gizi.

Sementara dokter yang menangani kedua korban, dr Wika, mengatakan, kedua pasien juga menderita lemah jantung karena anemia dan kekurangan protein, kalori, gizi berat dan infeksi. Makanya kondisinya seperti sekarang ini,” katanya.

Advertisements

About dBoedmaster

Assalaamu'alaikum. Lakukan hal yang kecil untuk sesuatu yang BESAR. Lalu bersabar & berdo'alah dalam prosesnya. Maka raih & bersyukurlah karena impian Anda sudah di depan mata. "Awali dengan Niat, Lakukan yang Terbaik" ©db`2011 www.dboedmaster.co.nr

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

free counters

HTML hit counter - Quick-counter.net


Thank`s Visitor !

follow me

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Instagram: @boedheanto

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

%d bloggers like this: