..::
you're reading...
..:Newsmedia

Kenakan Pakaian Dengan Disemprot

Ini yang biasa Anda lakukan untuk memakai kaus atau T-shirt: mengaduk-aduk laci, mengambil kaus dan memasukkannya di atas kepala Anda.  Ada cara lain yang lebih menarik, kasus yang dipakai dengan cara disemprot.

Berkat campuran yang terdiri dari serat katun, terobosan cara berpakaian tercipta. Tak melulu kaus, kelak, kita akan bisa menyemprotkan pakaian apapun, dari gaun, atasan, celana panjang, pakaian renang, dan topi.

Semprotan baju berlabel Fabrican — singkatan dari ‘fabric in an aerosol can’ atau kain dalam kaleng aerosol — adalah hasil pemikiran desainer Spanyol, Dr Manel Torres yang 10 tahun berkutat mengembangkan temuan ini.

Dalam video demonstrasi penggunaan Fabrican, Torres menyemprotkan kaus ke tubuh model laki-laki hanya dalam waktu 15 menit.

Pakaian semprot itu punya kemampuan mengering dengan cepat ketika menyentuh kulit. Hebatnya, ini bukan kaus sekali pakai. Melainkan bisa dilepas, dicuci, dan dipakai berulang kali.

Dr Torres dibantu oleh Paul Luckham, profesor teknologi partikel dari Imperial College London untuk menciptakan Fabrican, yang bahan-bahannya terdiri atas serat kapas, polymer, dan bahan pelarut yang menjaga campuran itu tetap berbentuk cairan.

Pakaian semprot ini juga memungkinkan pemakainya berkreasi. Jika bosan dengan model lama, material pakaian semprot bisa digunakan untuk membuat pakaian baru atau memperbaiki desain yang dirasa ketinggalan jaman.

Torres mengatakan temuannya diharapkan bisa menciptakan pakaian instan dan berharga murah, tapi tentu saja, pas.  “Aku sungguh ingin membuat material yang futuristik, tanpa jahitan, cepat, juga nyaman,” kata dia, seperti dimuat Daily Mail, 16 September 2010.

Ia mengakui temuannya memang menyimpang dari prinsip fashion yang menyatukan serat dan menjahitnya menjadi pakaian.  “Ini menunjukkan bagaimana sains dan teknologi bisa membantu para perancang fashion,” tambah dia.

Tertarik menggunakan Fabrican? Sayangnya kita harus menunggu beberapa tahun lagi.

Torres sedang mengambangkan temuannya, terutama menjawab fakta bahwa tak semua orang suka dengan pakaian yang menempel di setiap lekuk tubuhnya.  Dia juga sedang meminimalisasi bau zat pelarut yang ada.

Meski beberapa desain spray akan dipamerkan di London Fashion Week, kain instan ini bisa digunakan untuk apapun, untuk perban maupun kain pelapis funitur.

vivanews.com | adaptasi: dBoedmaster

Advertisements

About dBoedmaster

Assalaamu'alaikum. Lakukan hal yang kecil untuk sesuatu yang BESAR. Lalu bersabar & berdo'alah dalam prosesnya. Maka raih & bersyukurlah karena impian Anda sudah di depan mata. "Awali dengan Niat, Lakukan yang Terbaik" ©db`2011 www.dboedmaster.co.nr

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

free counters

HTML hit counter - Quick-counter.net


Thank`s Visitor !

follow me

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Instagram: @boedheanto

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

%d bloggers like this: