..::
you're reading...
..:Newsmedia

Darmin Nasution, Gubernur Bank Indonesia Yang Baru

Komisi XI DPR akhirnya secara aklamasi memilih Darmin Nasution menjadi Gubernur Bank Indonesia yang baru. Namun demikian, seluruh fraksi memberi catatan yang mengikat mantan dirjen pajak tersebut.

Keputusan itu diambil dalam rapat di Komisi XI, Gedung DPR, Jakarta, Kamis (22/7) malam. Rapat yang dipimpin oleh ketua komisi XI DPR RI, Emir Moeis memutuskan memilih mantan deputi gubernur senior BI ini menduduki posisi Gubernur BI.

“Dengan demikian semua fraksi setuju (Darmin menjadi Gubernur BI),” ujar Emir yang dilanjutkan dengan mengetuk palu tanda persetujuan disahkan oleh rapat itu. Sebelumnya, rapat tersebut direncanakan untuk melakukan voting, namun akhirnya diputuskan dengan aklamasi Darmin terpilih.

Namun, usai Emir mengetuk palu, sejumlah anggota meminta agar “catatan-catatan” yang menempel dalam keputusan aklamasi itu dijelaskan dan ditegaskan berlakunya “catatan” itu.

Terdapat lima fraksi yang menyatakan Darmin harus turun dari kursinya di Kebon Sirih jika menjadi terdakwa. Kelima fraksi itu adalah PDIP, PKS, PPP, PKB, Gerindra, dan Demokrat.

Sementara itu, tiga fraksi menyatakan Darmin mesti mundur jika di kemudian hari menjadi tersangka, tanpa perlu menunggu ditetapkan sebagai terdakwa. Yang menyatakan catatan ini adalah Golkar, PAN, dan Hanura.

Selama setahun sejak Mei 2009, kursi Gubernur BI kosong setelah ditinggal Boediono yang ketika itu mencalonkan diri menjadi Wakil Presiden mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Boediono menjabat sebagai Gubernur BI sekitar satu tahun setelah terpilih pada April 2008 menggantikan Burhanuddin Abdullah.

Sebelum terpilih, Darmin Nasution menjalani uji kelayakan dan kepatutan selama dua hari sejak Rabu (21/7) hingga Kamis (22/7) sore. (Ant)

sumber: tvOne | adaptasi: dBoedmaster

Advertisements

About dBoedmaster

Assalaamu'alaikum. Lakukan hal yang kecil untuk sesuatu yang BESAR. Lalu bersabar & berdo'alah dalam prosesnya. Maka raih & bersyukurlah karena impian Anda sudah di depan mata. "Awali dengan Niat, Lakukan yang Terbaik" ©db`2011 www.dboedmaster.co.nr

Discussion

One thought on “Darmin Nasution, Gubernur Bank Indonesia Yang Baru

  1. kapan darmin nasution dilantik jadi gubenur BI…?
    supaya tidak terjadi kekosongan & bisa ambil keputusan jika terjadi moneter

    Posted by herry | 22/08/2010, 10:24 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

free counters

HTML hit counter - Quick-counter.net


Thank`s Visitor !

follow me

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Instagram: @boedheanto

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

%d bloggers like this: