..::
you're reading...
..:Newsmedia

87 Tim Ikuti Kontes Robot di UGM

Sebanyak 87 tim mengikuti kompetisi robot bertajuk “Roboline Follower Contest” yang diselenggarakan Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. “Tim sebanyak itu berasal dari 11 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, di antaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Trisakti Jakarta, dan Universitas Gadjah Mada (UGM),” kata ketua panitia kompetisi robot Indra Perdana di Yogyakarta, Sabtu (24/7).

Menurut dia, kompetisi itu merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun yang bertemakan “Techno Corner” UGM. Dalam kompetisi itu, robot-robot saling berpacu pada lintasan yang bergaris hitam. Selain harus cepat, robot juga harus mampu membaca garis hitam lintasan, sehingga bisa berjalan dengan stabil. Ia mengatakan, kompetisi selain memilih tiga juara juga akan memilih robot dengan desain terbaik. Masing-masing akan mendapatkan hadiah piagam dan uang pembinaan.

Kompetisi itu, menurut dia, sebagai upaya untuk mendukung persiapan semua tim mengikuti kontes robot cerdas Indonesia tahun depan. “Target dari pelaksanaan kegiatan itu adalah meningkatkan daya saing mahasiswa untuk lomba robot sejenis sebagai langkah awal mengikuti kontes robot cerdas Indonesia tahun depan,” katanya.

Seorang peserta dari Unpad Rida Maulani mengatakan, robot karyanya yang diikutkan dalam kompetisi itu berbentuk kura-kura. Ide pembuatan robot kura-kura berawal dari inspirasinya melihat tempat tisu di rumah. Menurut dia, bentuk tempat tisu itu sedikit melengkung mirip batok kura-kura. Kemudian, dirinya bersama dua teman, Marni Noviati dan Popi Khoirunnisa, merealisasikan ide itu dengan membuat robot mirip kura-kura. “Namun demikian, saya tidak terlalu berharap menjadi juara di kompetisi itu karena hanya untuk menambah pengalaman mengikuti lomba robot,” katanya.(ANT)

Sumber: tvOne | adaptasi: dBoedmaster

About dBoedmaster

Assalaamu'alaikum. Lakukan hal yang kecil untuk sesuatu yang BESAR. Lalu bersabar & berdo'alah dalam prosesnya. Maka raih & bersyukurlah karena impian Anda sudah di depan mata. "Awali dengan Niat, Lakukan yang Terbaik" ©db`2011 www.dboedmaster.co.nr

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

free counters

HTML hit counter - Quick-counter.net


Thank`s Visitor !

follow me

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Instagram: @boedheanto

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

%d bloggers like this: