..::
you're reading...
..:Newsmedia

Kepala Besar Kurangi Pikun

Munich, Besar kepala dalam arti sesungguhnya merupakan anugerah yang patut disyukuri. Sebab semakin besar ukuran kepala, semakin kecil risiko seseorang untuk mengalami kepikunan saat mulai beranjak tua. 

Kepikunan atau penyakit alzheimer dipicu oleh kematian beberapa sel otak. Pada derajat kematian yang sama, ukuran kepala yang lebih besar ternyata sebanding dengan kualitas memori dan kemampuan berpikir yang lebih baik.

Hal ini terungkap dalam sebuah publikasi di jurnal Neurology edisi 13 Juli 2010. Penulisnya adalah seorang peneliti dari Technical University of Munich di Jerman, Robert Perneczky MD.

Dalam penelitiannya, Perneczky melibatkan 270 orang penderita alzheimer. Meski memiliki derajat kematian sel otak yang sama, para partisipan menunjukkan perbedaan pada hasil tes ingatan sesuai dengan ukuran kepalanya.

Dikutip dari Sciencedaily, Selasa (13/7/2010), setiap selisih 1 cm pada diameter lingkar kepala sebanding dengan 6 persen kemampuan mengingat. Semakin besar ukuran kepalanya, semakin bagus pula ingatan dan kemampuan berpikir seseorang.

“Hasil penelitian menguatkan teori tentang adanya cadangan otak, yakni kemampuan otak untuk menyesuaikan diri pada perubahan termasuk kerusakan,” ungkap Perneczky

Menurutnya, ukuran kepala merupakan salah satu indikator cadangan otak (brain reserve) serta pertumbuhan sel otak. Selain ditentukan oleh faktor genetik, ukuran kepala juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi, infeksi penyakit, serta trauma atau cedera karena benturan.

“Penelitian ini sekaligus ingin menekankan pentingnya pertumbuhan yang optimal pada sel otak di usia dini. Biasanya, pertumbuhan otak akan mencapai 93 p

sumber: detik.com | adaptasi: dBoedmaster

Advertisements

About dBoedmaster

Assalaamu'alaikum. Lakukan hal yang kecil untuk sesuatu yang BESAR. Lalu bersabar & berdo'alah dalam prosesnya. Maka raih & bersyukurlah karena impian Anda sudah di depan mata. "Awali dengan Niat, Lakukan yang Terbaik" ©db`2011 www.dboedmaster.co.nr

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

free counters

HTML hit counter - Quick-counter.net


Thank`s Visitor !

follow me

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Instagram: @boedheanto

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

%d bloggers like this: