..::
you're reading...
Uncategorized

Gambar Langit Semesta Pertama

TELESKOP Planck milik Eropa mengirim gambar langit secara keseluruhan yang pertama. Gambar ini dikirim lewat ruang angkasa setahun lalu untuk mensurvei cahaya tertua di alam semesta.

Butuh enam bulan bagi observatorium untuk merakit peta tersebut. Gambar itu menunjukkan yang dapat terlihat di luar Bumi oleh instrumen yang sensitif terhadap gelombang cahaya sangat panjang itu. Ini lebih panjang daripada yang kita bisa lihat dengan mata kita.

Para peneliti mengatakan, itu adalah kumpulan data yang luar biasa untuk membantu mereka memahami lebih baik tentang terbentuknya wajah alam semesta seperti yang terlihat sekarang. “Ini gambar yang spektakuler. Ini suatu keindahan,” ujar Dr Jan Tauber, ilmuwan proyek Planck.

Yang terdekat mendominasi gambar, yakni galaksi kita, Bimasakti. Garis horizontal terang memanjang di cakram utama galaksi ini, tempat Matahari dan Bumi juga berada.

Di sinilah kebanyakan bintang dalam bentuk Bima Sakti yang sekarang. Tapi, karena gambar ini hanya melihat pada panjang gelombang cahaya, sejatinya yang kita lihat bukan bintang sama sekali. Sebaliknya, yang kita lihat adalah bahan pembuat bintang, yakni debu dan gas.

Catatan khusunya adalah kelompok besar debu dingin berjarak ribuan tahun cahaya di atas dan di bawah galaksi. “Yang Anda lihat struktur galaksi kita dalam gas dan debu. Ini menunjukkan kepada kita kedahsyatan yang sedang terjadi di sekitar Matahari. Ini juga memberitahu banyak tentang terbentuknya galaksi kita ketika dibandingkan dengan galaksi lainnya,” kata Profesor Andrew Jaffe, anggota tim Planck dari Imperial College London, Inggris.

Jika para ilmuwan mendapatkan pandangan lebih baik dari latar belakang keindahan Bima Sakti, maka terlihat warna magenta dan kuning. Ini dikenal sebagai radiasi cosmic microwave background (CMB) yang menjadi target utama dari misi Planck.

CMB adalah cahaya pertama. Cahaya ini melintasi ruang angkasa pasca-Big Bang yang telah mendingin sehingga memungkinkan pembentukan atom hidrogen. Sebelum waktu itu, para ilmuwan mengatakan, kosmos sangat panas yang membuat materi dan radiasi akan bergabung. Akibatnya, alam semesta masih buram. (BBC/OL-5)

adaptasi : dBoedmaster`

Advertisements

About dBoedmaster

Assalaamu'alaikum. Lakukan hal yang kecil untuk sesuatu yang BESAR. Lalu bersabar & berdo'alah dalam prosesnya. Maka raih & bersyukurlah karena impian Anda sudah di depan mata. "Awali dengan Niat, Lakukan yang Terbaik" ©db`2011 www.dboedmaster.co.nr

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

free counters

HTML hit counter - Quick-counter.net


Thank`s Visitor !

follow me

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Instagram: @boedheanto

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

%d bloggers like this: