..::
you're reading...
..:Newsmedia

Sang Kambing pun Doyan Nasi dan Minum Kopi

Kesan pertama tentu heran. Bagaimana jadinya bila seekor kambing yang biasanya makan rumput hijau justru makan makanan manusia. Namanya pun mirip manusia: Hengki.

Kambing berusia empat tahun tersebut merupakan peliharaan Kurnia, 35 tahun, warga Kampung Sukaruji, Desa Sukaraja, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kambing gemuk ini sehari-hari justru melahap makanan layaknya makanan manusia seperti nasi, jajanan anak-anak, hingga minum kopi. Dalam keadaan tertentu, Hengki terpaksa makan dedaunan bila kondisi keuangan sang pemilik lagi minim.

Kurnia, yang sehari-harinya bekerja sebagai kondektur bus, terpaksa merogoh kocek Rp 10 ribu untuk memberi makan kambing peliharaannya ini. Bahkan akibat tabiat anehnya itu, hampir semua warga kampung Sukaruji sudah mengenal baik Hengki. Sebab, Hengki memang suka dilepas.

“Kalau kebetulan ada makanan lebih, mereka dengan senang hati memberikannya kepada Hengki,” ujar Kurnia, Kamis (17/6). “Tapi terkadang si Hengki ini juga merepotkan. Itu kalau muncul ulah nakalnya, sering menyerobot warung untuk mengambil makanan.”

Akibat kelakuannya, Kurnia terpaksa harus merogoh kocek lebih untuk mengganti barang dagangan yang disikat Hengki kambing kesayangannya itu.

Menurut Kurnia, makanan kesukaan Hengki sebagian besar berupa makanan anak-anak, seperti kue-kue kemasan dan kerupuk. Uniknya, Hengki tidak mau memakan makanan yang jatuh ke tanah atau sengaja dijilat dulu. “Biasanya makanan yang sudah jatuh hanya dicium dan dijilat setelah itu ia tinggalkan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Hengki pun sudah terbiasa mengonsumsi air kopi dua sampai tiga kali sehari.
Air kopi yang diberikan tidak dijilat-jilat layaknya binatang saat minum namun langsung diseruput layaknya manusia minum, hingga tak jarang warga yang melihat tak tahan menahan tawa.

“Pokonya kelakuan makannya seperti manusia,” ujar Kurnia. “Jika dirata-rata, per hari si Hengki bisa menghabiskan Rp 10 ribu untuk jajanannya.”

Kebiasaan ini, lanjut Kurnia, diakuinya karena perlakukan berlebih dirinya terhadap kambing peliharaanya itu sejak pertama kali dibeli empat tahun lalu. Ia kerap memberikan perlakukan makan kambingnya itu layaknya menu makanan kepada manusia seperti memberikan nasi hingga mengonsumsi susu.

“Dulu tiap pagi diberi susu dan tidak jarang diberi nasi serta makanan manusia, termasuk jajanan,” ujarnya Kurnia sambil senyum.

Kurnia baru menyadari bila kambing peliharaannya memiliki perilaku makan layaknya manusia. Malah dalam beberapa kesempatan, Hengki kerap menolak ketika diberi makanan dedaunan ketika Kurnia tidak memiliki uang. “Kalau seharian tidak diberi makanan manusia, ia baru mau memakan dedaunan. Tapi saya kasian melihatnya,” ujar Kurnia.

Kendati harus menghabiskan biaya makanan Rp 10 ribu per hari, Kurnia bertekad akan terus mengurus kambing kesayangannya itu. Apalagi istri dan anaknya tidak mempermasalahkan hal tersebut. Bahkan mereka pun turut menyayanginya, layaknya keluarga sendiri.

Namun karena bau badannya sangat menyengat, si Hengki tetap saja ditempatkan pada kandang di belakang rumah.

TEMPO Interaktif, Tasikmalaya.

Advertisements

About dBoedmaster

Assalaamu'alaikum. Lakukan hal yang kecil untuk sesuatu yang BESAR. Lalu bersabar & berdo'alah dalam prosesnya. Maka raih & bersyukurlah karena impian Anda sudah di depan mata. "Awali dengan Niat, Lakukan yang Terbaik" ©db`2011 www.dboedmaster.co.nr

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

free counters

HTML hit counter - Quick-counter.net


Thank`s Visitor !

follow me

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Instagram: @boedheanto

There was an error retrieving images from Instagram. An attempt will be remade in a few minutes.

%d bloggers like this: