..::
you're reading...
..:Newsmedia

Suhu Panas di SUMUT Meningkat Sampai Akhir Tahun

Suhu panas di Kota Medan hingga akhir 2011 mendatang tembus dilevel 34 derjat celcius. Kondisi ini dapat berpotensi terjadinya hujan disertai angin puting beliung dan ancaman petir.

Hal ini dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Sumatera Utara/NAD, Hendra Swarta, Minggu (8/5).Dijelaskannya tak hanya Kota Medan saja, kondisi ini juga terjadi di wilayah pesisir timur. “Langkat, Deli Serdang, Labuhan Batu, Madina dan Serdang Bedagai,” kata Hendra, yang juga menjabat sebagai Plh Kepala BMKG Sumut.

Menurutnya sekitar tiga tahun yang lalu dibulan yang sama, suhu panas dapat mencapai 36 derajat celcius. “Kalau saat ini, potensi yang bakalan terjadi di Sumut yakni kebakaran lahan dan hutan. Suhu panas tersebut, terjadi dari siang hari hingga malam. Namun, suhu tersebut naik turun dan puncak tertinggi 34 derajat celcius,” ujarnya.

Selain itu, potensi hujan dan angin puting beliung juga harus diwaspadai. Sebab dapat menimbulkan banjir dan kerusakan rumah akibat terpaan angin. Diketahui bahwa intensitas hujan di Medan masih cukup tinggi yakni 160-200mm/jam.

Sedangkan di pegunungan juga sama intensitasnya, sehingga potensi banjir berpeluang masih menjadi ancaman. “Angin puting beliung terjadi hingga 30 knot, biasanya terjadi di daerah yang agak lapang seperti Padang Bulan, Tanjung Sari dan Ring Road. Potensi ini terjadi akibat adanya gangguan Samudera Hindia,” jelasnya.

Untuk mengetahui terjadinya angin puting beliung, Hendra menjelaskan, sebelum terjadinya angin kencang ini ditandai dengan awan gelap berbentuk kerucut seperti ada ekornya. “Ini merupakan tanda-tandanya dan harus diantisipasi,” bebernya.

Suhu panas yang melanda Kota Medan khususnya Sumatera Utara (Sumut) diprediksi dapat dirasakan dalam beberapa hari kedepan. Parahnya lagi suhu panas dan menyengat diperkirakan akan dirasakan hingga akhir Agustus 2010.

Kepala Seksi Data dan Informasi (Kasi Datin) Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Polonia Medan, Firman AMG SCom saat dihubungi, mengakui beberapa hari belakangan ini suhu cuaca di Kota Medan khususnya dan Sumut umumnya berupah drastis.
Jika dilihat pola dinamika cuacanya, adanya suatu arus angin (udara) yang sifatnya subsidensi dan hipergen.

“Ini merupakan muatan dari pada pola angin barat daya yang bertiup dari Samudera Hindia. Jadi sewaktu tiupan angin saat turun gunung sifatnya kering dan panas, akibat angin-angin gunung yang terlambat terjadi di akhir di akhir Agustus. Sebenarnya awal Agustus peluang ini sudah terjadi,” paparnya.

Menurut Firman teriknya atau radiasi matahari yang menyinari bumi sangat begitu cerah karena pembentukan awan menjadi terhalang dengan pembentukan yang renggang, sehingga menimbulkan panas yang luar biasa.

“Suhu mencapai 36 derajat celcius mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB,” sebutnya.
Dikatakannya, ini merupakan klimaks reaksi puncak yang terjadi. Namun, fenomena ini hanya sementara. Dan diperkirakan hari ini, masih berpeluang. Untuk peluang hujan sendiri diperkirakan akan terjadi Jumat (27/8).

“Fenomena ini terjadi tergantung kondisi anginyang sudah mulai tidak kuat lagi dan kandungan uap air terbentuk lagi maka peluang hujan akan terjadi. Ini tidak terjadi hanya di Medan saja, namun di daerah hamper seluruh Sumut juga terjadi,” ujarnya.

Kendati demikian, masyarakat tetap akan harus diwaspadai akan terjadi hujan. Sebab, karena pemanasan yang cukup tinggi, tekanan udaranya sangat rendah sekali, sehingga peluang hujan yang terjadi nantinya akan diwarnai dengan angin kencang dan guntur.
“Intensitas hujannya cukup besar sekali namun tidak berlangsung lama. Ini akan terjadi
hanpir di seluruh daerah Sumut. Meskipun tidak sama pasti akan terjadi,” tegasnya.

berbagai sumber.


About these ads

About dBoedmaster

Assalaamu'alaikum. Lakukan hal yang kecil untuk sesuatu yang BESAR. Lalu bersabar & berdo'alah dalam prosesnya. Maka raih & bersyukurlah karena impian Anda sudah di depan mata. "Awali dengan Niat, Lakukan yang Terbaik" ©db`2011 www.dboedmaster.co.nr

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

free counters

HTML hit counter - Quick-counter.net


Thank`s Visitor !

follow me

Instagram: @boedheanto

TanggaNada Keceriaan dr kiri ke kanan: TanpaExpresi - HampirTanpaExpresi - MulaiExpresi-PalingExpresi. Hahahhha.. LOL: Kenaikan BBM itu tradisi #NegeriSalahUrus Narsis lae... #sahabatWongCilik
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: